INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

Pengolahan Sampah Mandiri Desa Gumawang

Pengolahan Sampah Mandiri Desa Gumawang

Gumawang, Kebumen – Mahasiswa KKN UNSOED Desa Gumawang telah melaksanakan pembuatan home dekomposer pada tanggal 10-19 Juli 2023 yang tersebar di beberapa pekarangan rumah warga Desa Gumawang. Semakin banyak warga Desa Gumawang yang peduli dengan lingkungan dan berusaha untuk berkontribusi dalam mengurangi dampak negatif terhadap alam akan menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. Salah satu cara yang efektif untuk mengurangi limbah adalah dengan mengolah sampah organik di rumah dengan membuat home dekomposer. 

Home dekomposer adalah alat atau sistem yang dirancang untuk mengurai sampah organik menjadi kompos atau pupuk yang berguna untuk tanaman. Bahan organik seperti sisa makanan, dedaunan, kulit buah, dan potongan sayuran dapat diolah dengan bantuan home decomposer. Alat ini dapat dibuat secara sederhana dengan menggunakan ember yang ditanam di pekarangan dengan ketinggian kurang lebih 1 meter. Masyarakat Desa Gumawang sangat antusias dalam pemasangan home dekomposer di pekarangan beberapa rumah. Hal ini dapat dilihat terdapat banyak warga yang datang untuk melihat proses pemasangan dekomposer di salah satu rumah warga.

Selain pemasangan home dekomposer, warga desa gumawang juga tercatat sudah memiliki bank sampah di beberapa RT. Berdasarkan keterangan warga di salah satu RT yang mempunyai bank sampah, kegiatan ini digerakan oleh warga sekitar. Para penggerak bank sampah ini meminta warga untuk memilah sampah-sampah yang bisa didaur ulang seperti plastik, kaleng, botol atau sampah anorganik lainnya. Nantinya akan ada warga yang berkeliling untuk mengambil sampah dan dijual ke pengepul. Dana yang didapat oleh kegiatan ini nantinya dapat digunakan untuk kegiatan atau acara yang akan dilakukan warga RT tersebut kedepannya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Berkunjung ke Kebumen, Jajaran Pemkab Buton Tengah Belajar Shrimp Estate
Pastikan Kesiapan Masuk UGGP, Geopark Kebumen Dapat Validasi Lapangan dari 3 Kementerian
Cegah Stunting, 905 Warga di Kebumen Dapat Bantuan Jamban dan Tangki Septik
Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2