INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

Pendidikan di Desa Gumawang: Meningkatkan Akses dan Kualitas Pendidikan Untuk Generasi Muda

Pendidikan di Desa Gumawang: Meningkatkan Akses dan Kualitas Pendidikan Untuk Generasi Muda

Desa Gumawang, merupakan daerah pedesaan yang terletak di kecamatan Kuwarasan, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Gumawang memiliki peran yang penting dalam membentuk masa depan cerah bagi generasi muda melalui sistem pendidikannya. Infrastruktur pendidikan di desa juga sudah bisa dibilang memadai dan kemajuan-kemajuan di bidang pendidikan yang telah dicapai di desa Gumawang merupakan langkah positif dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi anak-anaknya.

Tercatat hanya ada tiga lembaga pendidikan di Desa Gumawang, yaitu SD Negeri Gumawang, Taman Kanak-Kanak, dan Paud. SD Negeri Gumawang menjadi lembaga pendidikan formal utama dengan jumlah siswa mencapai 137 anak pada tahun 2023. Dari jumlah tersebut, terdapat 73 siswa laki-laki dan 64 siswa perempuan. Pendidikan di SD Negeri Gumawang didukung oleh delapan guru yang terdiri dari tujuh guru PNS dan satu guru P3K yang berdedikasi dalam membentu pembentukan karakter dan peningkatan pengetahuan siswa.

Selain itu, terdapat dua TPQ di desa ini, yaitu TPQ Al-Hidayah dan TPQ Al-Barokah, kedua TPQ ini memiliki peran yang krusial dalam mengenalkan agama Islam kepada anak-anak sejak usia dini. TPQ Al-Hidayah, sebagai salah satu TPQ yang cukup berkembang, menampung sekitar 81 murid dari berbagai usia, mulai dari 3 tahun hingga anak SMP. TPQ ini memiliki program pembelajaran yang beragam, dimulai dari pembacaan Asmaul Husna bersama, mengaji Iqra, hafalan surah, hingga kegiatan menyanyi dan berbagai kuis yang menarik minat siswa. TPQ Al-Hidayah didukung oleh lima pengelola atau Ustadzah yang berperan sebagai pendamping dan pengajar yang penuh dedikasi.

Dengan adanya kerjasama yang erat antara pemerintah daerah, masyarakat, dan lembaga pendidikan, Desa Gumawang dapat menjadi contoh yang menginspirasi bagi desa-desa lain dalam menghadapi tantangan dan memajukan pendidikan bagi generadi muda. Melalui komitmen bersama, diharapkan masa depan gemilang bagi anak-anak Desa Gumawang akan semakin terwujud

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Berkunjung ke Kebumen, Jajaran Pemkab Buton Tengah Belajar Shrimp Estate
Pastikan Kesiapan Masuk UGGP, Geopark Kebumen Dapat Validasi Lapangan dari 3 Kementerian
Cegah Stunting, 905 Warga di Kebumen Dapat Bantuan Jamban dan Tangki Septik
Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2