INFORMASI :

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque semper tellus id quam sollicitudin, non congue enim bibendum.

Pelayanan Kesehatan Di Desa Gumawang

Pelayanan Kesehatan Di Desa Gumawang

Pelayanan Kesehatan Di Desa Gumawang

Gumawang, Kebumen - Desa Gumawang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Kuwarasan. Kondisi geografis Desa Gumawang yang terletak cukup jauh dari pusat kecamatan menyebabkan akses terhadap pelayanan puskesmas sedikit terhambat. Oleh karena itu, adanya beberapa pos-pos kesehatan berupa posyandu untuk balita dan lansia sangat bermanfaat untuk masyarakat Gumawang guna mendekatkan jangkauan pelayanan kesehatan secara merata kepada seluruh masyarakat.

Di Desa Gumawang terdapat 4 pokbang yang tersebar di beberapa RT. Setiap pokbang melayani posyandu untuk balita dan lansia dengan pelayanan berupa penimbangan berat badan, tinggi badan, lingkar kepala dan lingkar lengan atas untuk balita, pengukuran tekanan darah dan gula darah untuk lansia serta Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Ibu hamil juga dilayani untuk pemantauan kehamilan. Pelayanan posyandu setiap pokbang dilakukan pada waktu yang berbeda-beda yaitu pada hari selasa dan sabtu pada minggu pertama dan kedua di setiap bulannya yang bertempat di rumah warga dan balai desa.

Berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap salah satu kader posyandu, diperoleh informasi bahwa terdapat 115 sasaran balita dan 120 sasaran lansia di Desa Gumawang secara keseluruhan. Sementara sumber daya manusia atau kader yang melayani posyandu berjumlah 5 orang pada setiap pokbang dengan seorang bidan desa yang melayani di seluruh pokbang. Kader tersebut juga menyatakan bahwa jumlah kader yang tersedia telah mencukupi untuk melakukan pelayanan posyandu. Akan tetapi, bidan desa menyatakan bahwa ia tidak bisa melakukan banyak pelayanan kepada masyarakat saat kegiatan posyandu karena kurangnya sumber daya manusia.

Terdapat beberapa permasalahan kesehatan yang terdeteksi dalam kegiatan posyandu seperti kasus stunting, balita BGM (Bawah Garis Merah), permasalahan sanitasi, dan hipertensi pada lansia. Sampai saat ini baru diupayakan rencana bantuan untuk membantu mengentas permasalahan sunting di Desa Gumawang. Upaya penanganan masalah secara individu diperlukan agar masyarakat dapat secara aktif dan mandiri untuk mengupayakan perbaikan masalah tersebut. Upaya-upaya yang dapat dilakukan seperti edukasi dan motivasi tentang Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA), edukasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan penanganan sampah.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Kebumen Terkini

Berkunjung ke Kebumen, Jajaran Pemkab Buton Tengah Belajar Shrimp Estate
Pastikan Kesiapan Masuk UGGP, Geopark Kebumen Dapat Validasi Lapangan dari 3 Kementerian
Cegah Stunting, 905 Warga di Kebumen Dapat Bantuan Jamban dan Tangki Septik
Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen
Tahun Ini KIE Ditiadakan, Diganti Expo Keagamaan

Arsip Berita

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2